Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Mengembalikan Siaran TV yang Hilang di Parabola 2021

2 Cara Mengembalikan Siaran TV yang Hilang di Parabola 2021

Pas lagi asik-asiknya nonton TV, tiba-tiba sinyal hilang, atau dengan tidak sengaja siaran terhapus, bagaimana sih cara mengembalikan siaran tv yang hilang di parabola? Apakah ada caranya yang paling mudah?.

Tentu saja ada, disini saya tidak hanya berbagi cara mengembalikan siaran tv yang hilang di parabola untuk jenis parabola tertentu saja, melainkan melalui parabola/receiver digital yang kekinian itu loh.

Seperti Matrix, K-Vision, Tanaka, dan lain-lain. Tentu saja saya akan berbagi tutorialnya secara lengkap kepada teman-teman agar bisa kembali menikmati siaran TV yang tidak sengaja kehapus atau secara tiba-tiba sinyalnya hilang.

Saya juga pernah melakukan kesalahan, pada saat saya oprek-oprek tuh receiver, eh tiba-tiba beberapa channel saya hilang, akhirnya khawatir, dan saya mencoba sacanning kembali, akhirnya muncul lagi.

Hilangnya channel yang harus kita lakukan adalah dua langkah, yaitu dengan menginstall/mencari ulang channel, dan melakukan perubahan arah pada parabola, mengapa demikian?.

Kalau sinyal tiba-tiba hilang, itu biasanya terjadi karena kemungkinan parabola mengalami pergiliran, misalnya ada yang tidak sengaja menendang, atau apalah, atau bisa juga karena perubahan arah dari channel itu sendiri.

Cara Mengembalikan Siaran TV yang Hilang di Parabola

Cara Mengembalikan Siaran TV yang Hilang di Parabola


Cara mengembalikan siaran tv yang hilang di parabola sangat mudah, teman-teman pun tidak perlu memiliki keahlian khusus, bahkan awam sekaligus dengan mudah bisa mengembalikan ketika tiba-tiba channel atau siaran TV hilang.

Namun disini saya akan berbagi dengan beberapa langkah yang sudah biasa saya lakukan, karena memang butuh sedikit kejelian, kalau enggak yang akan teman-teman dapatkan channel itu-itu saja loh.

Jika teman-teman tidak melakukan cara seperti apa yang akan saya tulis dibawah, kemungkinan besar channel yang hilang tidak bisa dikembalikan, kecuali melakukan langkah-langkah seperti yang ada pada tulisan saya dibawa.

Maka, kamu bisa melakukan caranya, berikut yang bisa dilakukan untuk mengembalikan channel TV yang hilang secara tiba-tiba atau tanpa sengaja kehapus.

#Cara Mengembalikan Siaran TV Parabola Hilang (Receiver Biasa)

#Cara Mengembalikan Siaran TV Parabola Hilang (Receiver Biasa)


Yang pertama adalah receiver biasa, maksudnya receiver yang tidak ada langganan-langganan itu, yang sudah tua mungkin atau jadul, kaya lgast, telsat, atau yang lainnya.

Maksud receiver biasa yang saya katakan adalah receiver bukan berlangganan, kalau Matrix, K-Vision, dan lain-lain kan berlangganan tuh, kalau yang biasa engga, jadi jangan harap bisa mendapatkan channel milik MNC Group ya, hehe.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pencet MENU di remote-nya
  2. Pilih PENGATURAN
  3. Pilih Lagi SCAN OTOMATIS
  4. Kemudian pencet bagian atas bawah yang biasa untuk memindahkan channel (tujuannya untuk memilih jenis/tipe satelit)
  5. Lalu pencet VOLUME atas
  6. Dibawahnya ada istilah BEBAS dan SEMUA, silakan pilih SEMUA
  7. Pada kata-kata SEMUA, silakan pencet bagian OK pada remote
  8. Tunggu hingga channel TV didapatkan kembali
Selesai, jika sinyal parabola kamu normal, mala channel yang hilang akan kembali lagi, namun sebaliknya, jika sinyal parabola tidak di setting dengan benar, maka siaran TV tidak akan pulih kembali, kamu harus mengarahkan parabola dengan tepat dan benar sesuai sasaran arah sinyal.

Lalu bagaimana dengan digital atau receiver Matrix, K-Vision, dan yang lainnya? Tenang saja, saya juga akan berbagi tentunya, silakan kamu liaht dibawah ini untuk mendapatkan cara yang lebih mudah.

#Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang (Recevier Matrix, K-Vision, DLL)

#Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang (Recevier Matrix, K-Vision, DLL)


Jika diatas adalah cara mengembalikan siaran tv yang hilang di parabola dengan recevier biasa, yang kedua ini receiver kekinian, yakni receiver berlangganan karena memang menu-menunya sangat berbeda dengan receiver biasa.

Namun bukan berarti tidak bisa melakukannya, teman-teman masih bisa, hanya saja dengan cara yang berbeda sesuai dengan apa yang ada pada menu receiver tersebut.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Pencet tombol MENU pada remote
  2. Lalu geser ke kanan untuk menemukan menu INSTALASI
  3. Silakan kamu pilih, kemudian pencet OK
  4. Cari satelit
  5. Pada mode pencarian pilih CARI SEMUA
  6. Kemudian pindah ke bawah
  7. Pilih CARI dan pencet OK
  8. Tunggu sampai channel atau siaran TV muncul hingga 100%
Semudah itukah? Iyup, benar sekali, hanya dengan langkah-langkah itu saja teman-teman sudah bisa menemukan atau mengembalikan kembali siaran TV yang hilang, namun harus dipastikan bahwa arah parabola benar-benar ke arah sinyal yang semestinya.

Oh ya saya hampir lupa, kamu harus memilih satelit TELKOM, karena untuk PALAPA sudah tidak support, saya juga tidak tahu kenapa itu bisa terjadi? Yang saya tahu, semua channel TV sekarang ada pada satelit TELKOM, termasuk Indosiar, SCTV, MNC Group, Trans, dan semua channel TV.

Sudah ketemu belum? Jika belum ketemu, kemungkinan kamu salah memilih setting sesuai dengan apa yang saya jelaskan, atau bisa jadi karena arah parabola kamu tidak mengarah ke satelit untuk mendapatkan sinyal yang seharusnya kamu dapatkan.

Saya belum bisa memberikan tutorial untuk TV langsung tanpa menggunakan receiver, karena saya sendiri belum pernah melakukannya, sehinga saya tidak bisa berbagi tanpa saya melakukan bukti terlebih dahulu.

Teman-teman bisa mendapatkannya di YouTube karena disana sudah pasti banyak yang sudah berbagi Video dalam mencari siaran TV analog atau TV tanpa receiver, tanpa parabola, TV langsung yang di kaitkan dengan antena biasa.

Jika saya sudah mengetahui caranya, nanti akan saya share lagi di artikel berikutnya, namun untuk saat ini itu saja yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan saja berhasil 100% ya, karena biasanya saya selalu berhasil, tak pernah gagal.


Demikian informasi cara mengembalikan siaran tv yang hilang di parabola, baik itu receiver biasa maupun receiver berlangganan, semoga saja yang saya terbitkan disini dapat membantu dan bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

7 komentar untuk "2 Cara Mengembalikan Siaran TV yang Hilang di Parabola 2021"

  1. terimakasihhhhhhh sangat...sangat...sangat...membantu sekali...program tv saya kembali...td nya gak kepikiran tv yg pake parabola chanel hilang semua..td saya diemin krna ada tv yg lain...tp pas tv yg lain rusak....yg ini ke pake lagi....trmksh.....

    BalasHapus
  2. Kalo kehapus paketnya hangus apa ngga min, tolong jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa diaktfikan ulang, saya belum pernah soalnya

      Hapus
  3. Sangat Membantu
    Jazakallah Khoiron))

    BalasHapus
  4. Waktu saya baru nyalain tv, tiba" ada sms, isi sms nya, apakah anda ingin mencoba paket ini? tanpa sengaja dg spontan saya tekan ok. Otomatis channel nya berganti semua. yg jd prtanyaan saya, bagaimana cara mengembalikan paket semula. Trims

    BalasHapus