Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Manfaat Komunikasi, Apa yang Dimaksud Dengan Komunikasi?

Pengertian dan Manfaat Komunikasi, Apa yang Dimaksud Dengan Komunikasi?

Banyak yang tidak mengenal lebih dalam, apa yang dimaksud dengan komunikasi, namun mereka terus menikmati manfaat komunikasi tanpa mengetahui pengertian komunikasi yang ada saat ini.

Begitupun dengan tujuannya, maka dalam pengertian komunikasi kali ini, saya akan membahas secara tuntas, apa yang dimaksud dengan komunikasi, manfaat serta tujuan awal hadirnya hal tersebut.

Percayalah bahwa mencari pengetahuan di Internet itu memang mudah, tapi kita harus pandai-pandai melihat, mencerna dan memahami apa yang sedang dibahas dalam sebuah artikel yang teman-teman temukan.

Seperti dalam pembahasan yang akan saya lakukan ini guna mempermudah teman-teman dalam memahami, mengartikan, dan mengetahui lebih dalam terkait dengan komunikasi.

Pengertian Komunikasi, Apa yang Dimaksud Dengan Komunikasi?

Pengertian Komunikasi, Apa yang Dimaksud Dengan Komunikasi?


Pengertian komunikasi merupakan penyampian pesan kepada orang yang kita sampaikan, misalnya dari saya ke teman-teman, bisa berbentuk pesan teks, panggilan, atau pun video panggilan, namun secara singkat komunikasi adalah cara beberapa orang dalam mengobrol dan berbagi informasi.

Komunikasi bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung, berkomunikasi secara tatap muka, melalui panggilan, pesan, dan yang lainnya yang tujuannya adalah memberikan informasi kepada seseorang.

Salah satu penjelasan yang sebenarnya teman-teman sendiri sudah benar-benar tahu apa yang dimaksud dengan komunikasi, namun untuk mengetahui lebih mendalam, teman-teman perlu sebuah informasi yang aktual.

Berdasaekan hal-hal yang sudah saya jelaskan, bisa kita simpulkan berarti komunikasi tidak hanya ngobrol melalui telepon dan pesan teks, namun secara tatap muka dan berkirim surat pun termasuk komunikasi.

Meski memang dijaman sekarang ini sudah tidak lagi demikian, kebanyakan orang-orang berkomunikasi melalui jaringan internet, seperti berkirim pesan teks, suara, telpon berita, dan melalui internet yang lainnya.

Jadi sekarang kita sudah tahu apa yang dimaksud dengan komunikasi, namun saya tentu akan membahas ini dengan semestinya, lalu teman-teman juga akan menemukan dan mengetahui manfaat dan tujuan komunikasi yang ada.

Tujuan Komunikasi

Tujuan Komunikasi


Pada pengertian komunikasi diatas sudah membuat teman-teman tahu, apa yang dimaksud dengan komunikasi, dan tentu ada tujuan tersendiri terkait dengan komunikasi.

Secara singkat, tujuan komunikasi adalah untuk memberikan penyampaian atau informasi kepada pihak-pihak tertentu dengan kesepahaman yang nyata, meskipun memang kadang ada kesalah pahaman dalam penyampaiannya.

Namun, berdasarkan yang sudah saya rangkum, ternyata tujuan komunikasi ada banyak, seperti berikut ini dapat teman-teman pahami terkait dengan tujuan komunikasi, diantaranya:

1. Menyampaikan dan Menemukan Informasi

Salah satu yang perlu kita ketahui adalah dengan informasi yang dapat kita berikan kepada orang lain, atau pun yang dapat kita temukan dari orang lain.

Informasi adalah tujuan utama dari komunikasi, kita memberikan penjelasan, memberikan ungkapan, memberikan berita, dan apa saja kepada orang lain, begitupun orang lain kepada kita.

Contohnya, saat ada sesuatu yang perlu kamu sampaikan kepada teman sebaya, maka kamu berkah menyampaikannya, lalu orang lain akan tahu, nah itu adalah salah satu komunikasi yang terjadi yang umum digunakan orang-orang.

Berita yang kita dapatkan dari internet, TV, radio, dan pesan dari teman-teman adalah upaya komunikasi, ya jangan salah itu bukab komunikasi, karena dalam mata pelajaran sekolah dinamakan Informasi dan Komunikasi.

Atau kementrian Kominfo yaitu Komunikasi dan informasi, jadi informasi pun salah satu dari komunikasi yang ada saat ini yang sering kita rasakan.

2. Membujuk Individu

Komunikasi pun bertujuan dalam membujuk seseorang individu, kelompok, atau pun yang sejenisnya, sehingga kita dengan mudah mempercayakan mereka dengan melakukan komunikasi.

Bagaimana kalau kita menginginkan seseorang terbujuk dengan kita, tapi kita tidak menghubungi atau pun menemui mereka untuk berkomunikasi, itu mustahil mereka akan terbujuk.

Maka, dengan arti yang semestinya bahwa tujuan komunikasi juga adalah untuk membujuk seseorang yang akan kita bujuk untuk sebuah hal dengan semestinya.

Apakah teman-teman paham maksud yang saya jelaskan? Jadi begini, kalau kita ingin membujuk seseorang, misalnya agar orang itu atau individu itu hadir ke acara kita, nah kita perlu mengundangnya, mustahil tanpa komunikasi.

Bukankah ada surat undangan? Ya itupun salah satu dari komunikasi pesan teks secara tidak langsung. Teman-teman sekarang sudah tahu kan maksud saya?.

3. Tentang Wawasan

Komunikasi juga bertujuan terhadap hal-hal terkait dengan wawasan, mulai dari menambah wawasan, mendapatkan wawasa, ilmu pengetahuan dan hal-hal serupa lainnya.

Itu adalah salah satu dari tujuan komunikasi yang setiap hari hampir kita lakukan, kamu membaca artikel ini pun salah satu dari komunikasi, saya menyampaikan kepada teman-teman, kemudian teman-teman membacanya dan memahaminya.

Karena pada dasarnya, tujuan utama komunikasi itu hanya singkat saja, yaitu dalam bentuk informasi yang ada sat ini, menyampikan dan menemukan informasi, namun dari hal itu kita uraikan lagi dengan sesempurna mungkin.

Ilmu pengetahuan yang kita dapatkan adalah tujuan utama pun salah satu manfaat dari komunikasi, sehingga teman-teman seharusnya tidak bingung lagi dengan apa yang saya maksud disetiap paragraf yang dibahas.

4. Sebagai Sarana Pemasaran Produk

Komunikasi tak hanya menyampaikan pesan yang biasa, namun pemasaran produk pun salah satu pesan dari komunikasi, para pemilik produk memasarkannya, kemudian kita menemukan dan mendapatkannya, itu bisa dikatakan adalah komunikasi.

Dengan mudah, kita bisa menemukan produk baru dari sebuah perusahaan, misalnya produk odol, mereka berhasil menghasilkan produk yang baru dengan kemampuan tertentu.

Kemudian mereka mengiklankan dan memasarkannya melalui internet, TV, radio, spanduk, dan media-media yang lainnya, kemudian kita mengetahui adanya produk baru dari perusahaan odol tersebut.

Dari hal ini pun kita sudah melihat bahwa komunikasi ini tak hanya berbicara kepada lawan bicara, namun ada banyak hal yang dilakukan terkait dengan komunikasi.

Saya yakin, banyak orang yang menganggap bahwa komunikasi hanya berbicara saja, baik itu secara langsung atau tidak langsung, namun sebenarnya menonton TV juga adalah salah satu dari komunikasi.

Jadi mungkin sekarang kita sudah mengetahui lebih dalam lagi bahwa hal-hal yang berbentuk informasi adalah salah satu dari tujuan komunikasi, bisa teman-teman pahami apa yang saya jelaskan diatas?.

Manfaat Komunikasi

Manfaat Komunikasi

Manfaat komunikasi memang tidak lepas dari tujuan komunikasi yang sudah saya bahas pada paragraf diatas, manfaat itu bisa kita lihat dari tujuannya, yaitu informasi.

Kita kembali lagi kepada pengertian komunikasi yang sudah saya tulis diatas, teman-teman bisa scrol lagi agar semakin mudah dalam memahaminya karena membaca beberapa kali adalah ide cemerlang.

Manfaat komunikasi yang kita singkat adalah memudahkan kita dalam menyampaikan dan mendapatkan atau menemukan pesan-pesan dari pihak-pihak tertentu.

Dalam sebuah bisnis dan usaha atau pekerjaan, kita bisa mendapatkan manfaat komunikasi dari adanya ide baru dalam bisnis, dengan saling berkomunikasi antara pekerja lainnya, tentu kita mudah mendapatkan ide yang cemerlang.

Dalam sebuah hubungan misalnya, kita juga seharusnya mendapatkan manfaat yang luar biasa dengan seharusnya, seperti saling menghargai antara satu sama lainnya.

Komuikasi juga bisa mempererat tali persaudaraan, mempermudah hal-hal baru, dan banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dari adanya komunikasi.

Mungkin berikut ini daftar yang bisa teman-teman dapatkan dari adanya komunikasi, diantaranya:
  1. Mempermudah kita dalam menemukan orang yang hilang
  2. Mempermudah kita memasarkan produk, meningkatkan usaha atau bisnis
  3. Mempermudah kita mendapatkan ide-ide baru
  4. Saling menghargai satu sama lain
  5. Saling berbagi ide dan berbagi cerita
  6. Mempermudah kita dalam memberikan penjelasan kepada orang lain
  7. Kita bisa mudah mendapatkan info terbaru, begitupun dengan menyampaikan
  8. Bisa berekspresi juga beremosi
  9. Menemukan pekerjaan baru
  10. Menuangkan kemampuan yang Kita miliki
  11. dan masih banyak lagi
Sudah teman-teman lihat diatas, bahwa pada dasarnya komunikasi ini dalam bentuk informasi yang saling bertukar, lagi-lagi saya mengatakan hal serupa karena memang itu adalah salah satu unsur dari komunikasi yang ada saat ini.

Teman-teman yang sedang membaca ini adalah salah satu manfaat dari komunikasi, jadi sudah tidak heran lagi sekarang dengan informasi yang saya jelaskan diatas, meski memang agak bertele-tele, gak papa yakan?.

Intinya, manfaat komunikasi adalah untuk saling berkespresi, berbagi informasi, mendapatkan wawasan dan itu adalah inti utama, karena kita bisa mendapatkan semua itu setiap hari.

Mempererat tali persaudaraan contohnya, kita bisa melakukan hal itu karena setiap hari ktia berkomunikasi dengan orang terdekat dan sudara, itu tidak hanya satu orang.

Berkomunikasi yang dilakukan berbentu tatap muka, seperti ngobrol, maupun pesan suara dan panggilan suara seperti pada aplikasi WhatsApp yang sekarang ini menjadi salah satu aplikasi perpesanan terbaik.

Contoh Komunikasi

Contoh Komunikasi

Lagi-lagi saya akan memngembalikan pemikiran teman-teman kepada tujuan serta manfaat komunikasi, karena apa yang dimaksud komunikasi adalah unsur dari kegiatan kiat sehari-hari.

Contoh komunikasi adalah ngobrol, ya itu contohnya, menyampian berita, pun memberikan masukan adalah salah satu contoh dari komunikasi.

Jadi saya tidak akan membahas banyak-banyak terkait dengan contohnya karena bisa teman-teman lihat kembali pada pengertian komunikasi juga manfaat dan tujuan yang sudah saya jelaskan disetiap paragraf diatas.

Kalau teman-teman bisa memahaminya, tentu tidak akan lagi bingung kenapa saya melakukan ini, jadi tujuan, manfaat dan contohnya sebenarnya sudah ter handel dalam satu, namun agar lebih mudah saya sengaja memecahnya untuk menambah pengalaman dan kesan yang luar biasa bagi teman-teman.

Bagiaman teman-teman, masih mau lanjut dengan pembahasannya? Menurut saya sampai disitu juga sudah cukup karena manfaat, tujuan, fungsi dan pengertiannya sesuai yang saya katakan cukup dengan satu pembahasan, itu sudah mewakili.

Akan tetapi, karena minimnya pencernaan kalimat tertulis, jadi masih banyak juga yang harus menemukan pembahasan teruraikan, makanya saya melakukan hal itu dikarenakan adanya hal yang saya katakan.

Namun akan lebih baiknya jika teman-teman bisa berbagi lagi dengan orang yang belum paham, enggak perlu semuanya hanya pembahasan inti saja yang sudah teman-teman dapatkan dari hasil membaca penjelasan ini.

Karena, jika teman-teman menginginkan manfaat dari komunikasi, maka berbagi cerita kepada teman kamu yang lainnya adalah upaya untuk mendapatkannya, karena sekali lagi saya katakan itu adalah manfaatnya.

Kemudian teman-teman bercerita, apa yang teman-teman temukan dari pembahasan yang saya lakukan ini, nah saya berkomunikasi dengan teman-teman secara tidak langsung, kemudian teman-teman sampaikan lagi kepada orang lian secar tidak langsung.

Itu sudah lebih dari cukup, bukan hanya manfaat komunikasi juga yang teman-teman dapatkan, tapi teman-teman pun memberikan ilmu kepada orang lain, eh itu juga salah satu komunikasi loh teman-teman.

Kesimpulan

Saya sangat paham bahwa apa yang saya jelaskan diatas mungkin sulit dipahami, tapi saya sudah beberapa kali memberikan inti dari pembahasan yang saya jelaskan tersebu guna memudahkan teman-teman ketika sulit memahami tulisan saya.

Namun alangkah lebih baiknya jika teman-teman membaca beberapa kali kalau masih sulit dipahami agar tidak ada kesalahan dalam mencerna pembahasan, karena saya berkomunkasi dengan teman-teman lewat tulisan ini.

Jika ada perlu yang kalian sampaikan, silakan kirimkan komentar terkait dengan pembahasan ini, jangan ragu dan jangan sungkan memberikan kritikan, untuk membuat tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman.

Jadi sampai disini pembahasan mengenai pengertian komunikasi, sekarang teman-teman sudah tahu apa yang dimaksud dengan komunikasi, karena sudah saya jelaskan lengkap dengan manfaat dan tujuan begitupun dengan contohnya, mudah-mudahan saja teman-teman yakin dengan apa yang saya sampikan, gak papa bertele-tele juga ya.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Manfaat Komunikasi, Apa yang Dimaksud Dengan Komunikasi?"

close