Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi File Server : Pengertian File Server Serta Jenisnya

Materi File Server : Pengertian File Server Serta Jenisnya

Pengertian file server
dalam materi file server saat ini akan saya bahas agar teman-teman tidak ketinggalan jaman, karena dijaman ini semuanya serba digital.

Karen secara harfiah dan pada dasarnya, pengertian file server sendiri berkaitan erat dengan sebuah jaringan internet, karena memang itu sebagai penopang dari yang namanya internet.

Teman-teman yang sedang menikmati akses internet saat ini, dengan mengakses ke beberapa web, seperti berita, pendidikan, sosial media, video dan yang lainnya, itu tidak akan bisa teman-teman nikmati tanpa file server.

Bisa dikatakand dan bisa dibilang bahwa file server sendiri adalah akar dan tiang dari internet, maka perlu pengetahuan khusus yang seperti akan saya jelaskan pada materi file server ini.

Pengertian File Server

Secara harfiah, pengertian file server adalah komputer yang terhubung ke jaringan, tujuan untuk mengakses lokasi penyimpan file komputer yang dinamakan dengan disk, maka dokumen-dokumen seperti tulisan, video, gambar, audio dan sebagainya akan disimpan pada file server.

Jika dijelaskan secara singkat, maka file server adalah file komputer yang merupakan tempat penyimpan data-data yang berkaitan dengan jaringan.

Kita bisa menemukan file server di kantor-kantor, mereka memilikinya dan memanfaatkannya sebagai bahan untuk sarana pekerjaan yang lebih mudah.

Terlepas dari itu, semua file yang ada pada file server dapat diakses dengan workstation dan bekerja secara maksimal menggunakan jaringan komputer.

Perhitungannya sendiri dilakukan oleh workstation, sehingga tidak membutuhkan apapun untuk menghitungnya, namun akan dihitung secara cepat dan singkat tanpa membutuhkan waktu yang banyak.

Jenis File Server

Perlu teman-teman ketahui juga, file server terbagi menjadi dua jenis, sebagaimana pada pengertian file server yang sudah saya jelaskan diatas, semua jenisnya berkaitan dengan jaringan komputer.

Mungkin beberapa diantara teman-teman akan merasakan asing dengan nama-nama daripada jenis file server, tapi ini sebagai materi, jadi teman-teman bisa dengan mudah mendapatkan pengetahuannya.

File Server



Berikut ini 2 jenis file sever yang ada saat ini.

1. Samba

Jenis pertama adalah samba, pengertian samba merupakan protokol file sharing yang berepan sebagai penyaing protokol yang ada, yakni Novell’s IPX-Based, Samba ini sebagai file sharing pertama yang berjalan pada multi protokol.

Multi protokol yang dimaksud yaitu NetBeui, TCP/IP, IPX-SPX, yang secara singkat mengganti posisi novell sever tanpa mengubah infrastruktur dari jaringan.

Jelas, jenis-jenis ini wajib kamu ketahui kalau memang perlu kamu ketahui, karena pada dasarnya menikmati tanpa mengetahui itu adalah hal yang salah.

2. FTP Server

File Transfer Protocol Server atau disingkat FTP server adalah jenis kedua dari File Server, fungsi FTP sendiri untuk menukar file dalam sebuah jaringan menggunakan koneksi TCP.

Kemudian yang harus teman-teman ketahui juga bahwa FTP pun terbagi menjadi dua bagian, yaitu FTP Server dan FTP Client yang keduanya memiliki fungsi yang berbeda.
  1. FTP Server berperan untuk menjalankan software dalam menukar file dan akan berfungsi apabila ada permintaan dari FTP Client.
  2. Sedangkan FTP Client berperan untuk meminta koneksi ke FTP Server untuk menukar file.
Setelah keduanya itu sama-sama terhubung, maka client bisa mengunduh, mengunggah, mengganti nama, dan melakukan hal-hal lainnya jika ada yang harus mereka lakukan.

Wadau, ternyata sangat indah juga ya, tapi pusing juga saya menjelaskannya, karena memang hanya orang-orang IT saja yang paham dengan hal ini, sedangkan saya hanya sebatas menjelaskan untuk teman-teman agar memahaminya.

Fungsi dan Manfaat File Server

Nah pada materi file server yang sudah saya jelaskan diatas, berdasarkan penegrtian file server yang tertulis, maka ada beberapa manfaat dari penggunaan tersebut.

Diantara manfaat itu biasa dirasakan oleh para pekerja kantoran, pekerja di internet dan pekerja-pekerja yang membutuhkan file server sebagai bentuk dari kerja mereka.

Selebihnya, ada dua manfaat dari file server dalam penggunaan penyimpanan atau dengan istilah gaulnya Disk Space, yaitu:
  1. Dapat menghemat resource atau sumber daya
  2. Berbagi resource atau sumber daya
Pada manfaat diatas sangat jelas bahwa file server ini berperan dan bermanfaat dalam menghemat dan berbagi sumber daya alias file server, sungguh luar biasa ternyata.

Teman-teman, apakah sekarang kamu sudah paham dengan apa yang sudah saya bahas diatas? Masa iya kamu masih belum paham? Semoga saja kamu sudah paham ya teman-teman agar saya senang bisa berbagi pengetahuan kepada teman-teman semuanya.

Keuntungan File Server

Pada fungsi dan manfaat diatas sudah sangat jelas bahwa keuntungan file server ini sebagaimana dengan hematnya resource serta dapat dibagikan kepada pengguna yang lain.

Keuntungan selain dari manfaat diatas, file server menjadi lebih aman saat data sudah disimpan, juga lebih mudah dalam melakukan hal terkait.

Hal tersebut terjadi karena penyimpanan data dilakukan secara terpusat, sehingga tidak terebar dan hanya pihak tertentu saja yang dapat mengakses data yang tersimpan.

Tapi tetap saja teman-teman harus benar-benar mengamankannya sebagaimana dengan semestinya, karena dijaman sekarang ini banyak sekali hacker yang bisa saja masuk ke file server jika tidak dilakukan pengamanan.

Pengertian File Server

Kelebihan dan Kekurangan File Server

Namun tidak ada informasi yang signifikan terkait dengan kelebihan dan kekurangan file server, akan tetapi saya sudah mendapatkan beberapa diantaranya yang dapat teman-teman simak.

Mungkin berikut ini beberapa kekurangan pada file server, mesti tidak banyak, namun saya pun belum mendapatkan informasi yang lebih signifikan, diantaranya:
  1. Beban jaringan berat, karena banyak tabel
  2. Client harus memiliki keahlian dan kemampuan prose tinggi agar bisa memperoleh response time yang bagus sesuai dengan harapan
Itu saja sih, namun untuk kelebihannya sendiri mungkin sudah diklaim dalam manfaat setelah penegrtian file server yang saya bahas diatas, jadi teman-teman bisa membaca kembali keatas untuk memahaminya.

Arsitektur File Server

Didalamnya terdapat arsitektur file server, masih dengan pengertian yang sama, dan arsitektur file server ini pun berfungsi untuk berbagi berbagai jensi file, yakni gambar, database, dokumen, dan lain-lain.

Sebenarnya masih ada banyak hal-hal yang belum bisa saya jelaskan, karena selain yang sudah dijelaskan diatas, ada perangkat-perangkat didalamnya.

Mungkin saya akan menjelaskannya pada pembahasan berikutnya ya, dan pembahasan tentang materi dan pengertian file server sampai disini saja, semoga dapat membantu dan bisa menambah wawasan yang luas untuk teman-teman yang haus akan informasi.

Posting Komentar untuk "Materi File Server : Pengertian File Server Serta Jenisnya"