Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja Web Server

Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja Web Server

Halo teman-teman, saya akan memberikan pembahasan lagi mengenai cara kerja web server, juga dengan pengertian, plus jenis-jenis web server yang ada saat ini untuk memudahkan teman-teman dalam mengetahuinya.

Masih ada kaitannya dengan pengertian file server yang sebelumnya sudah saya jelaskan, maka kita akan melanjutkan dengan istilah lainnya terkait dengan pengetahuan IT, internet, komunikasi, informasi dan teknologi.

Karena mungkin berdasarkan slogan yang dibuat pada Merpati Web teman-teman sudah paham apa pembahasan yang dilakukan di setiap konten yang di muat di blog ini.

Seperti web server yang kemungkinan besar masih banyak orang yang tidak mengetahuinya, jika teman-teman menikmati konten-konten pada sebuah website, maka kalian seharusnya paham juga dengan yang dimaksud web server.

Di balik hadirnya sebuah wesbite, tak lepas dari file server, web server, dan hal-hal yang lain yang akan saya bahas di konten mendatang.

Pengertian Web Server

Pengertian Web Server

Pengertian web server adalah perangkat lunak atau software yang memberikan layanan berbasis data dengan memberikan fungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS pada klien melalui sebuah browser, perangkat lunak ini dapat memenuhi permintaan klien pada Word Wide Web (WWW).

Jika teman-teman tidak asing dengan browser, seperti (Mozzila, Google Chrome, Safari, dll) maka teman-teman sedang menikmati sebuah situs web yang berisikan halaman-halaman seperti tulisan, gambar, vide, audio, dan lain-lain.

Nah, pada dasarnya, web server ini bisa dikenal dengan peladan web atau juga dengan server yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan sebuah website, tanpa ada web server, mustahil website akan berfungsi secara semestinya.

Teman-teman perlu mengenali pengeratian web server, namun tak hanya itu, teman-teman juga akan mengenali dan mengetahui cara kerja web server yang menjadi acuan utama, karena mungkin teman-teman akan merasa bingung tanpa mengetahui cara kerjanya.

Fungsi Web Server

Fungsi Web Server

Sebelum teman-teman mengetahui cara kerja web server, juga informasi yang lain, sebaiknya teman-teman memahami terlebih dahulu bagaimana web server berfungsi untuk sebuah website yang dinikmati setiap hari.

Web server berfungsi untuk melakukan transfer setiap berkas yang diminta oleh oleh pengguna Browser untuk mengakses website melalui protokol komunikasi yang sudah ditentukan sedemikian rupa.

Halaman-halaman dari sebuah website atau situs web yang diminta meliputi tulisan, gambar, vide, file PDF, Doc, dan jenis-jenis file lain yang bisa dimasukan atau diunggah kedalam sebuah website untuk dinikmati para pengguna internet melalui web browser.

Bagaimana pun yang terjadi, sebauh website tidak akan berfungsi jika tidak ada web server, karena setiap pengguna akan meminta memuat halaman web yang akan dinikmati.

Lalu, web server akan berjalan pada sebuah browser untuk memenuhi permintaan pengguna internet melalui layanan World Wide Web, HTTP maupun HTTPS.

Jenis-jenis Web Server

Jenis-jenis Web Server

Jenis-jenis web server juga akan admin ulas, kalau kamu butuh contohnya, maka cukup dengan memahami jenis-jenisnya saja karena itupun sudah termasuk kedalam contoh yang ada saat ini.

Meski teman-teman akan sangat awam dengan jenis-jenis yang saya bahas, namun teman-teman tentunya akan mengetahuinya lebih detail, sehingga teman-teman mendapatkan wawasan baru sebagaimana dengan semestinya.

Berikut ini jenis-jenis dari web server yang sering digunakan saat ini untuk kebutuhan sebuah pembuatan ataupun pengelolaan situs web.

1. Apache

Apache

Jenis web server yang pertama adalah Apache, dimana Apache ini merupakan layanan server yang paling populer, bahkan saya setiap membangun sebauh website dengan menggunakan CMS pasti servernya memakai Apache, karena mudah dan lebih populer.

Alasan orang-orang memilih Apache ini karena kemudahan konfigurasi dan pengaturannya yang tidak banyak basa-basi, serta tidak ada pengaturan khusus, sehingga akan lebih simpel saat di Install disebuah server.

Apache juga memiliki kelebihan yang luar biasa, seperti jumlah pengguna yang banya, hal ini bisa membesarkan komunitas, selain itu juga konfigurasi yang lebih simpel dan mudah, pun sifatnya Open Source, siapa saja bisa menggunakan Apache.

2. Litespeed

Litespeed

Selain Apache, jenis-jenis web server yang paling populer adalah Litespeed, ketika saya mencari dan menemukan sebuah penyedia layanan server, mereka banyak menggunakan Litespeed, meski tidak sebanyak Apache.

Mengapa litespeed ini sangat banyak pengguna? Karena memiliki keunggulan yang luar biasa, bahkan dibandingkan dengan Apache, Litespeed lebih unggul, terutama ia sudah memiliki Fitur anti DDOS.

Litespeed sangat competible dengan .htacces, pun perfonanya lebih baik, sehingga pantas saja banyak penyedia layanan server yang menggunakan Litespeed untuk kebutuhan server mereka yang dinikmati oleh kliennya.

3. Nginx

Nginx

Tak kalah populer dengan ketiga jenis diatas, Nginx pun selalu unggul untuk kebutuhan server yang dapat digunakan sebagai pengelola website yang akan berjalan dan dinikmati oleh para pengguna internet yang mencari informasi.

Nginx memiliki kemampuan yang stabil, juga hemat resource, juga perfomanya lebih baik, dan dapat menangani web-web yang memiliki traffic tinggi, cocok banget untuk website berita nih yang PV nya melebihi batas wajar.

Di bandingkan dengan yang lain, server web yang satu ini juga sangat ringan, tidak membuat sebuah website berjalan dengan lambat, apalagi di kolaborasikan dengan layanan-layanan untuk membuat perfoma web lebih lincah.

4. Jenis-jenis Web Server yang Lainnya

Selain ketiga yang sudah saya tulis diatas, ada banyak lagi tentunya jenis dari sebuah web server yang ada saat ini, namun yang ketiga diatas adalah yang paling populer.

Mungkin kamu pun sering melihat tulisan tersebut ketika sebuah website sedang mengalami down server, biasanya akan ada tulisan web server, misalnya Nginx, Litespeed, ataupun Apache.

Berikut beberapa jenis web server selain ketiga diatas, diantaranya:
  • Xitami Web Server
  • Apache Tomcat
  • Lighttpd
  • Zeus Web Server
  • Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
  • Sun Java System Web Server
Dari beberapa jenis yang sudah saya jelaskan diatas, apakah kamu sudah kenal dengan salah satunya? Atau memang belum mengenal satupun? Kalau belum, sekarang teman-teman tinggal mempelajarinya, dan untuk pembahasan lainnya tinggal tunggu saja konten berikutnya ya.

Nah jadi itulah jenis-jenisnya, sekarang kita akan melanjutkan pembahasan ini dengan cara kerja web server agar teman-teman semakin mudah dan semakin lengkap pengetahuannya seputar web server yang sekarang kita bahas ini.

Cara Kerja Web Server

Cara Kerja Web Server

Cara kerja web server yaitu menerima permintaan-permintaan dari kilen atau penggun, kemudian akan mengirimkan kembali dalam bentuk berkas sesuai dengan apa yang di minta oleh klien, sehingga klien akan menikmati hasil yang diberikan web server.

Berkas-berkas itu yang paling umum diterima adalah tulisan, video, gambar dan audio, namun para pencari di internet pun akan di berikan berkasnya oleh web server sesuai dengan yang mereka cari.

Teman-teman membuka browser, kemudian mencari sesuatu, misalnya "Pengertian Web Server", nah web server sendiri akan menerima permintaan teman-teman, kemudian akan mengirimkan kembali dalam waktu yang sangat singkat.

Hingga akhirnya teman-teman membaca artikel ini yang teman-teman temukan, semisal dari Google, Sosial media, maupun yang lainnya yang teman-teman temui.

Jadi intinya adalah, teman-teman adalah klien atau pengguna yang mengirimkan permintaan kepada server, dan server akan memrosesnya, kemudian akan dikirimkan kembali kepada teman-teman untuk menikmati hasilnya.

Bagaimana, apakah teman-teman sudah paham? Beruntung saya jika teman-teman paham karena hari ini saya memberikan pelajaran yang luar biasa ini, apalagi minim sekali pengetahuan tentang dunia internet, bukan hanya komputer saja yang harus teman-teman pahami ya.

Kesimpulan

Karena sekarang kita sudah sampai pada akar pembahasan, jadi saat tinggal menyimpulkan saja untuk kemudahan yang lebih detail dalam menanggapi apa yang sedang kalian baca ini.

Kesimpulannya, web server adalah perangkat lunak, dimana mereka berperan untuk menerima permintaan dan mengirimkan kembali kepada klien untuk menampilkan apa yang sedang diinginkan oleh klien.

Begitupun dengan cara kerja web server yang masih dengan saling menerima dan meminta, semoga pengertian web server ini dapat membantu menambah wawasan teman-teman, hingga akhir kata saya ucapkan terimakasih semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja Web Server"