Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Media Sosial dan Jenis Jenis Media Sosial

Pengertian Media Sosial dan Jenis Jenis Media Sosial

Hi teman-teman, alhamdulillah saya diberi kesempatan kembali untuk mengulas dan menjelaskan pengertian media sosial, selain itu saya juga akan membeberkan jenis jenis media sosial yang ada saat ini agar kamu lebih tahu dan lebih mendalami pemahaman tentang sosial media.

Teman-teman yang kurang memahami apa itu media sosial, sangat penting untuk mengetahui lebih dalam, meskipun memang pengertian media sosial tidak diwajibkan tahu, akan tetapi kalau teman-teman pengguna sangat wajib mengetahuinya, begitupun dengan jenis jenis media sosial yang ada saat ini.

Pengertian Media Sosial

Pengertian Media Sosial

Sosial media atau media sosial merupakan media daring yang dapat digunakan oleh siapapun, satu sama lain saling berinteraksi, berbagi pengalaman, cerita, foto, mendapatkan informasi, berkomunikasi, hingga mendapatkan teman baru dengan mudah tanpa harus pergi ke mana-mana.

Menggunakan media sosial tidak sulit, apalagi jaman sekarang yang banyak sekali gadget, maka semuanya akan mulai bisa menggunakan tanpa batasan usia. Meskipun memang sebenarnya penggunaan media sosial hanya diperuntukan bagi orang yang sudah dewasa.

Dengan menggunakan media sosial, tentu saja kita bisa saling berinteraksi satu sama lain, namun ternyata banyak sekali dampak negatif, meskipun banyak juga dampak positif dari sosial media yang ada saat ini.

Baca juga : Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja Web Server

Sejarah Media Sosial

Sejarah Media Sosial

Sejarah media sosial diawali pada abad ke-19, pertumbuhan internet pada tahun 1970-an adalah mulainya media sosial hadir, media sosial yang pertama kali diciptakan adalah BBS (Bulleting Board System), yaitu platform yang digunakan untuk berbagi dan mendapatkan informasi dengan mengunggah dan mencarinya di BBS tersebut.

Sampai saat ini, media sosial semakin meningkat, apalagi semakin kesini semakin banyak media sosial yang bermunculan. Salah satunya Facebook yang didirikan pada tahun 2004 oleh Mark Zuckeberg di Amerika Serikat.

Semenjak mulanya Facebook hadir, semakin kesini semakin banyak lagi jenisnya. Nah, saya juga akan berbagi beberapa jenis jenis media sosial yang ada saat ini, sehingga teman-teman juga akan mudah memahami lebih dalam lagi dengan apa yang saya bagikan disni tentunya.

Jenis Jenis Media Sosial

Jenis Jenis Media Sosial

Pada pengertian media sosial yang sudah sempat saya singgung diatas mungkin kurang lengkap jika saya tidak memberikan jenis-jenisnya. Maka dari itu, agar makin mendalaminya, silakan simak berikut jenis-jenis media sosial.

Baca juga : 9 Dampak Negatif Kemajuan Komunikasi Seperti Internet

1. Jejaring Sosial (Social Network)

Jejaring sosial atau social network adalah jenis jenis media sosial yang paling banyak digunakan, tujuannya untuk berbagi moment-moment para penggunanya. Seperti contohnya Facebook, instagram, Twitter, Linkedin dan yang lainnya.

2. Sosial Messenger

Sosial messenger merupakan layanan jenis sosial media yang tujuannya adalah untuk berkomunikasi, memang semuanya dimanfaatkan sebagai komunikasi, namun tentu ada perbedaan. Salah satu contohnya yaitu WhatsApp, Telegram, dan aplikasi perpesanan lainnya yang merupakan pengganti SMS.

3. Media Blogging (Blog)

Blog adalah jenis media sosial yagn diperuntukan berbagi cerita dan pengalaman, salah satu contoh media Blogging adalah Blogspot yang dimiliki oleh Google. Para pengguna dapat menceritakan apapun yang mereka inginkan, dan tanpa ada batasan kata untuk memposting dan mempublikasikannya.

4. Forum

Forum masih termasuk media sosial, karena pengguna dapat berbagi dan bertanya, hingga para pengguna juga bisa saling berkomentar dan saling berinteraksi. Contoh layanan Forum yang populer adalah Kaskus, semua orang tentunya sudah tahu apa itu Kaskus?

5. Media Berita

Sebenarnya, berita online juga termasuk layanan blogging, karena pemilik dan seluruh penulis bisa berbagi berita dan informasi dengan cara menulisnya di situs media berita, maka dari itu salah jika teman-teman mencap bahwa berita online bukan media sosial dan blog, karena sama saja.

6. Layanan Musik

Layanan musik pun sama saja termasuk media sosial, pengguna bisa berbagi musik dan mendengarkan karya orang lain. Hingga saat ini masih banyak juga media sosial musik yang banyak digunakan, YouTube salah satunya, Spotify pun termasuk, Zoox juga iya, dan masih banyak lagi.

7. Layanan Berbagi Foto dan Video

Masih termasuk sosial sharing atau sosial networking, karena pengguna dapat berbagi dan meliaht foto maupun video orang lain, sehingga bisa saling berinteraksi antara satu sama lainnya. Jenis media sosial yang satu ini contohnya YouTube dan Instagram, atau Pinterest.

Teman-teman bisa lihat sendiri, meskipun memang ada kesamaan, tapi tetap saja ada perbedaan diantara jenis yang sudah dijelaskan diatas, maka dari itu media sosial saat ini semakin menambah dan makin menunggah pengguna.

Baca juga : Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja Sangat Buruk

Kesimpulan

Nah untuk teman-teman yang juga sering menggunakan media sosial, tulisan yang sedang kamu baca ini pun adalah media sosial, jangan anggap bukan ya karena saya berbagi dan kamu pun membaca, sehingga saya dan teman-teman saling berinteraksi lewat tulisan ini, teman-teman juga bisa berkomentar untuk artikel ini ya.

Nah jadi pengertian media sosial sudah saya jelaskan, begitu juga dengan jenis jenis media sosial dan sejarahnya diatas, semoga saja dapat menambah wawasan dan menambah banyak ilmu. Ingat ya, bijaklah dalam menggunakan media sosial.

Posting Komentar untuk "Pengertian Media Sosial dan Jenis Jenis Media Sosial"

close