Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pencari Seperti Google Menyimpan Seluruh atau Sebagian Halaman Sumber yang Disebut?

Pencari Seperti Google Menyimpan Seluruh atau Sebagian Halaman Sumber yang Disebut?

Teman-teman mungkin disini bertanya, pencari seperti google menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber yang disebut apa? Nah, kebetulan nih saya sudah menemukan pembahasannya yang dapat teman-teman simak dan dapat teamn-teman pahami untuk kebutuhan informasi teman-teman.

Pada dasarnya, mesin pencari seperti Google tentu memiliki penyimpanan yang akan dimanfaatkan untuk kebutuhan pengguna dalam menemukan sesuatu yang mereka cari. Jika tidak disimpan, bagaimana orang akan mencari tahu dan menemukannya? Sulit tentunya sebuah mesin pencari tanpa menyimpan data dan sumber yang ada.

Pencari Seperti Google Menyimpan Seluruh atau Sebagian Halaman Sumber yang Disebut

Pencari Seperti Google Menyimpan Seluruh atau Sebagian Halaman Sumber yang Disebut

Setiap data atau halaman-halaman web disimpan didalam database indeks mesin pencari, hingga dapat digunakan dan ditampilkan dikemudian hari. Lalu data mesin pencari seperti google menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber yang disebut dengan Cache.

Ketika saya mencari pengetahuan tentang Cache, pada sumber yang ditemukan seperti wikipedia menjelaskan, cache ini dinamakan tembolok yang merupakan komponen komputer yang fungsinya sebagai penyimpan data-data halaman yang akan ditampilkan disetiap web.

Tentu, Google juga mengandalkan cache untuk kebutuhan hal tersebut, namun apakah kamu tahu bahwa kita dapat menghapus cache browser? Lalu, apa yang terjadi jika cache browser kita hapus? Apakah kita tidak akan menemukan web lagi?

Tentunya tidak, ini tidak ada kaitannya, kita hanya menghapus cache pada sebuah browser saja seperti Chrome, tidak menghapus cache-nya Google, dan kita masih bisa menelusuri kembali dan menemukan apa yang sudah ditampilkan di Google karena semua yang kita cari sudah disimpan pada cache.

Fungsi Cache

Fungsi Cache

Pada pembahasan diatas, kita sudah mengetahui lebih dalam bahwa pencari seperti google menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber yang disebut Cahce. Asalkan kamu tahu bahwa cache berfungsi tak hanya dimanfaatkan oleh Google untuk menyimpan sumber-sumber halaman web saja, melainkan juga memiliki banyak sekali manfaat yang luar biasa.

Salah satunya adalah untuk mempercepat loading web. Mengapa dapat membuat web lebih cepat dimuat? Karena data-data yang tadinya dibuka disimpan didalam cache, jadi ketika kita membuka kembali tidak akan ada kendala karena sebelumnya sudah kita tampilkan.

Buffer yang sudah memuat atau mengakses sebuah halaman nantinya akan membuat prosesor menjadi ringan, ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk pengguna dan pemilik web, makanya umum sekali pemilik web agar memasang cache di dalamnya untuk meringankan kinerja website agar dapat diakses oleh pengguna dengan sangat mudah dan cepat.

Teman-teman, disini saya sebenarnya hanya berfokus terhadap apa yang jadi judul pada artikel ini saja, namun alangkah lebih baiknya jika saya membahas lebih dalam, agar kamu lebih memahaminya dengan sempurna dan tidak ada hal yang membuat kamu ragu tentang penyimpanan halaman yang digunakan oleh mesin pencari.

Adakah pertanyaan dari teman-teman tentang apa yang saya jelaskan disini? Jika teman-teman ingin bertanya, silakan langsung saja isi komentar yang sudah disiapkan kolomnya dibawah ya, dan insa Allah akan saya jawab jika sempat dan tahu jawabannya.

Baca juga : 8 Cara Download Google Meet di Laptop Paling Mudah, Dijamin Berhasil

Kesimpulan

Pada dasarnya, cache ini memiliki peran penting dalam sebuah website, sehingga kita dapat memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan. Untuk kinerja web adalah hal utama, makanya banyak sekali pemilik website yang direkomendasikan untuk memasang cahce, tentu bukan tanpa alasan tapi untuk kenyamanan para pengguna, seperti pada saat kita menemukan sebuah artikel di mesin pencari Google.

Karena sekarang kita sudah tahu bahwa, pencari seperti google menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber yang disebut Cache, maka saya akhiri artikel ini, semoga saja apa yang dijelaskan diatas bermanfaat dan dapat membantu sesuai dengan apa yang kamu cari ya teman-teman, jangan lupa selalu bersyukur.

Posting Komentar untuk "Pencari Seperti Google Menyimpan Seluruh atau Sebagian Halaman Sumber yang Disebut?"

close