Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian FTP Server : Fungsi, Tujuan, dan Jenis FTP Server

Pengertian FTP Server : Fungsi, Tujuan, dan Jenis FTP Server

Hai teman-teman, bertemu lagi dengan saya yang akan mengulas dan menjelaskan pengertian FTP server, yang mana sebelumnya sudah sempat saya jelaskan apa itu file server, dan jelas sekali FTP ini sangat berhubungan erat dengan file server yang sudah saya jelaskan pada artikel yang dahulu kala.

Dengan apa yang sudah saya pahami, jadi teman-teman tinggal membaca dan memahaminya saja, terkait ulasan pengertian FTP server disini tentunya diulas secara lengkap dengan fungsi, tujuan, dan juga jenis FTP server yang ada di Internet.

Pengertian FTP Server

Pengertian FTP Server

FTP server adalah singkatan dari File Transfer Protocol, merupakan protokol internet yang berjalan didalam satu lapisan aplikasi yang gunanya untuk kebutuhan tukar-menukar data client dan server pada sebuah jaringan komputer, dapat diatur menjadi layanan yang bisa digunakan oleh banyak orang.

Jaringan ini bisa diandalkan oleh banyak orang dalam satu komputer dengan mudah, akan tetapi meski banyak pengguna, keamanan FTP Server sudah terjamin, sehingga akan sangat aman, hanya client yang sudah berizin yang bisa mengakses FTP.

Baca juga : Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja Web Server

Fungsi FTP

Sedikit saya menyinggung pada pengertian FTP server diatas bahwa fungsinya untuk kebutuhan tukar-menukar data internet, akan tetapi ternyata fungsi ini memiliki banyak yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna yang menggunakannya.

Salah satu manfaat yang didapatkan oleh pengguna (sebuah website), yakni dapat mencadangkan suatu data dalam sebuah website.

Berikut beberapa fungsi FTP server untuk pengguna:

  • Mencadangkan data
  • Menukar file dan informasi komputer
  • FTP server mampu mengirimkan data dan informasi melalui dua arah, misalnya pada saat FTP digunakan di sebuah kantor, maka bisa dikirimkan ke manager atau staf
  • Data yang ditransfer menggunakan FTP dapat berjalan lebih edisien
  • FTP melindungi pengguna komputer
  • Pengguna bisa menggunakan FTP secara langsung (direct) maupun remote

FTP Server

Tujuan FTP

Selain fungsi FTP yang sudah dijelaskan pada paragraf diatas dan pada pengertian FTP server ini mungkin kamu masih bingun memikirkan, apa sih tujuannya? Padahal pada fungsinya pun sudah jelas yang berkaitan dengan tujuan.

FTP Server bertujuan untuk sharing data (berbagi data), FTP juga bertujuan untuk menyediakan temapt penyimpanan bagi user atau pengguna, dan menyediakan indirect atau remote.

Sudah jelas bukan apa yang dapat kita lakukan dengan FTP server ini? Ya melihat pengertian, fungsi dan tujuannya saja sudah sangat jelas, pun dengan manfaatnya yang juga tidak jauh-jauh dengan fungsi yang sudah tertulis diatas.

Maka, semua pengguna bisa menjalakan FTP Server ini pada sebuah komputer, namun dengan izin yang sudah diberikan, jikalau tidak ada izin untuk mengaksesnya, enggak mungkin bisa menggunakan FTP, makanya aman dan sangat aman untuk digunakan.

Baca juga : Pengertian dan Manfaat Komunikasi, Apa yang Dimaksud Dengan Komunikasi?

Kesimpulan

Pada dasarnya, FTP server ini sebuah jaringan komputer yang fungsinya untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan suatu jaringan. Semua pengguna yang sudah berizin bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan website, dan benar sekali website akan penting dan berkaitan erat dengan FTP Server.

Nah teman-teman, mungkin singkat saja yang dapat saya sampaikan terkait dengan pengertian FTP server, pun dengan fungsi dan tujuannya yang sudah dijelaskan, semoga saja bermanfaat untuk teman-teman yang sebelumnya memang tidak tahu apa yang dimaksud dengan FTP server.

Posting Komentar untuk "Pengertian FTP Server : Fungsi, Tujuan, dan Jenis FTP Server"